Indonesiaku

Senin, 13 Juni 2011

SEJARAH

Yon Ranratfib Marinir berdiri setelah terbentuknya Korps Komando Angkatan Laut Republik Indonesia yang bertujuan menyiapkan kekuatan untuk melaksanakan tugas pokok sebagai pasukan pendarat amfibi dan tugas-tugas lain sebagai angkatan perang RI.
Seiring dengan berkumandangnya semangat dan gelora Trikora, maka pada tanggal 17 Oktober 1961, sesuai Surat Keputusan Komando KKO AL No. 3401.150 terbentuklah Batalyon Kendaraan Amfibi Tractor Komando ( BATALYON AMTRAKKO ) yang berkedudukan di Ksatrian Ujung Surabaya Semampir.
Pada mulanya Batalyon Amtrakko ini tergabung dalam suatu kesatuan yang disebut Kesatuan Amfibi KKO AL (KESAMKO). Pada tahun 1961 terbentuk Pasinko (Pasukan Induk Komando), maka Pasukan Amfibi KKO AL dipisah menjadi 3 Batalyon, salah satunya adalah Batalyon Kendaraan Amfibi Tractor Komando yang sekarang menjadi Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi Korps Marinir.
Di dalam perjalanan sejarah, Batalyon Kendaraan Amfibi Tractor Komando menggunakan kendaraan tempur peninggalan Belanda (KAT dan KAR). Kemudian pada tahun 1962, pemerintah Indonesia berhubungan baik dengan Rusia. Batalyon Kendaraan Amfibi Tractor Komando memperoleh kendaraan tempur amfibi yaitu kendaraan Bronye Transportier 50 Plawo Yushi (BTR–50 P) dan Kendaraan Amfibi Pengangkut Arteleri (KAPA K–61).
Batalyon Kendaraan Amfibi Tractor Komando tercatat mengalami beberapa perubahan organisasi antara lain Satuan Panser Amfibi KKO (Sat Pansam), kemudian berubah menjadi Batalyon Panser Amfibi (Yon Pansam). Pada tahun 1977 berubah menjadi Batalyon Marinir Kendaraan Pendarat Amfibi (MARRANFIB). Pada tahun 1979 berubah lagi menjadi Batalyon Kendaraan Pendarat Ampibi Marinir (YONRANRATFIBMAR).
Dari kendaraan tempur yang dimiliki pada tahun 1981 – 1987, Batalyon Ranratfibmar diperkuat dengan kendaraan tempur AMX – 10 P (ATELIER DE’LA CONTRUCTION D’ESSY LES MOU LINEUX 10 – P) buatan Perancis sebanyak 20 buah.
Sehubungan dengan usia ranpur eks. Rusia sudah mencapai 25 tahun, maka Korps Marinir berupaya untuk meremajakan kendaraan tempur BTR-50 P dengan cara repowering / retrofit, ganti mesin dan senjata. Pada tahun 1987, resmilah ranpur retrofit eks. Rusia tersebut menjadi organik Yonranratfibmar dengan nama BTR 50 – P(M).
Pada tahun 1999 Batalyon Ranratfibmar diperkuat lagi dengan kedatangan material tempur eks. Ukraina yaitu BTR 50 PK sebanyak 25 buah. Kemudian pada tahun 2002 – 2003 dilaksanakan pergantian mesin ranpur BTR-50 P dengan mesin BTR-50 PK sebanyak 13 buah di Denhar lanmar Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar